Final Project Pemrograman Web

Nama : Katarina Inezita Prambudi

NRP : 5025211148

Kelas : Pemrograman Web (B)


Ketentuan Final Project

Cari paper yang berhubungan dengan aktivitas pembuatan perangkat lunak/ aplikasi
Berdasarkan referensi yang sudah didapatkan



1. Buatlah deskripsi studi kasus pemrograman web

Electronic Commerce (E-Commerce) yang juga dikenal sebagai perdagangan elektronik telah menjadi fondasi utama untuk mendukung berbagai kegiatan bisnis seperti pembelian, penjualan, dan pemasaran melalui platform internet. Saat ini, proses bisnis masih cenderung dilakukan secara konvensional dengan cara kunjungan langsung ke toko atau menggunakan pesan singkat dan media sosial untuk transaksi di luar wilayah.

Dalam konteks ini, studi ini mengacu pada implementasi E-Commerce. Pertama, menitikberatkan pada pengembangan situs E-Commerce untuk minimarket dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan fokus utama pada penjualan terkomputerisasi. Kedua, mengusulkan aplikasi sistem informasi persediaan barang berbasis desktop dengan penekanan pada manajemen persediaan. Terakhir, menghadirkan aplikasi E-Commerce dengan penekanan pada shopping cart untuk mempermudah pembelian meskipun tanpa fitur kolom komentar.

Studi ini bertujuan untuk melengkapi temuan yang lebih luas termasuk manajemen persediaan yang efisien, antarmuka pengguna yang menarik, dan integrasi fitur-fitur berbasis web. Fokus akan diberikan pada menyediakan solusi yang holistik untuk meningkatkan pengalaman konsumen dalam berinteraksi dengan platform E-Commerce.


2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi

a. Sign Up

Pengguna dapat membuat akun dengan mengisi formulir pendaftaran. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi pribadi mereka di dalam platform dan memfasilitasi pengalaman berbelanja yang lebih personal dan terintegrasi.

b. Login

Pengguna yang telah mendaftar dapat mengakses akun mereka melalui proses login. Fitur ini memastikan keamanan dan privasi pengguna serta memungkinkan akses ke berbagai fungsi yang memerlukan identifikasi, seperti melihat riwayat transaksi atau mengelola profil.

c. About Us

Pengguna diberikan wawasan mendalam mengenai latar belakang dan tujuan dari E-Commerce. Dengan menyajikan informasi ini, pengguna dapat memahami lebih baik mengenai toko, membangun kepercayaan, dan merasa terhubung dengan merek secara lebih personal.

d. Contact

Pengguna diberi kemudahan untuk berkomunikasi dengan E-Commerce. Halaman ini berisi informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, dan email yang dapat diakses oleh pengguna untuk mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik, atau menyampaikan keluhan. Fitur ini membantu menciptakan saluran komunikasi yang efektif antara E-Commerce dan pengguna, meningkatkan layanan pelanggan, dan memperkuat hubungan dengan konsumen.

e. Product

Pada fitur product, akan ditampilkan gambar produk yang berkualitas tinggi, deskripsi produk yang jelas dan informatif, harga produk, dan tombol aksi untuk menambahkan produk ke keranjang belanja.

f. Keranjang

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian produk secara online. Pengguna bisa menambahkan produk ke dalam keranjang dan menghapus produk dari keranjang jika berubah pikiran. Secara otomatis menghitung total harga belanjaan berdasarkan jumlah dan harga produk. Menyediakan total akhir dengan jelas. Menyediakan tombol yang mengarahkan pengguna untuk melanjutkan ke proses checkout setelah selesai berbelanja.

g. Penggantian Password

Pengguna memiliki kemampuan untuk mengganti password melalui fitur ini. Dengan adanya opsi ini, keamanan akun pengguna dapat dipertahankan dengan lebih baik.


3. Rancang desain databasenya


4. Buat desain front end



5. Tentukan action yang akan mengandle logika back end. 

a. Signup: 
  • Menerima data formulir pendaftaran seperti nama, email, password, nomor handphone, kota, dan alamat
  • Memvalidasi data masukan
  • Membuat entri baru dalam database untuk pengguna yang baru mendaftar
  • Memberikan respons dengan beralih ke halaman dashboard secara otomatis setelah pendaftaran 
b. Login:
  • Menerima data login seperti email dan password
  • Memverifikasi keberadaan pengguna dan kecocokan password
  • Memberikan respons dengan beralih ke halaman dashboard secara otomatis setelah klik tombol login
c. Add to Cart:
  • Menambahkan produk ke keranjang belanja pengguna
  • Mengelola perubahan jumlah produk di keranjang
  • Memperbarui total harga keranjang belanja
d. Remove Product from Cart:
  • Menghapus produk dari keranjang belanja pengguna
  • Memperbarui total harga keranjang belanja setelah penghapusan
e. Total Product
  • Mengembalikan jumlah total produk yang ada di keranjang belanja
  • Digunakan untuk memperbarui informasi keranjang dari sisi klien

f. Confirm Order
  • Mengelola konfirmasi pesanan dan pembayaran
  • Memproses pembayaran dan memperbarui status pemesanan
  • Mengirim konfirmasi pesanan dan detail pembelian kepada pengguna

6. Implementasikan rancangan yang sudah dibuat

  • index.php (Homepage sebelum Login/Sign up)



  • signup.php (Sign up Page)



  • login.php (Login Page)





  • aboutus.php (About Us Page)




  • contact.php (Contact Page)




  • products.php (Homepage setelah Login)




  • Tampilan setelah menambahkan barang ke Cart




  • cart.php (Cart Page)



  • success.php (Tampilan notifikasi telah berhasil melakukan pemesanan)




  • orderhistory.php (Order History Page)




  • settings.php (Change Password Page)




  • cart.php (Cart Page - Ketika tidak ada item yang dimasukkan dalam Cart)



  • database "store" memiliki 3 tabel, yaitu items, users, dan user_item



  • isi table users




  • isi table user_item




  • Tampilan setelah menghapus salah satu item di dalam Cart


7. Buat video presentasinya
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pemrograman Web Kelas B

Tugas 4 - Membuat Form Registrasi